|| Oleh: Ali
Ghufron Sudirman ||
![]() |
Syekh Dr. Sayyid Sabiq dan Karya Monumentalnya |
Sejak kecil Syekh Sayyid Sabiq dididik di jam’iyyah syar’iyyah oleh sang pendirinya langsung, yaitu Syekh Subuki. Beliau juga menjalin persahabatan dengan pengganti Syekh Subuki, yaitu Syekh Abdul Latif Musytahari. Untuk itu, kecintaannya terhadap sunah Rasul sudah muncul sejak kecil. Semangat dan kecerdasan Syekh Sayyid Sabiq membuatnya matang lebih cepat. Beliau unggul jauh di banding koleganya, terlebih dalam bidang fiqih dan problematikanya, sehingga syekh yang mendidiknya memberi tanggung jawab kepada Syekh Sayyid Sabiq supaya mengajar fiqih kepada kolega-koleganya. Semua itu terjadi saat umur beliau belum genap 19 tahun.
Setelah lulus, Syekh Sayyid
Sabiq mengajar di sekolah-sekolah Al-Azhar, kemudian menjabat sebagai juru
dakwah di Al-Azhar. Setelah itu, berturut-turut beliau bekerja pada kementerian
wakaf bidang manajemen masjid di akhir tahun 50an, kemudian bidang kebudayaan,
dakwah, dan training. Setelah geraknya dibatasi oleh rezim penguasa, beliau
pindah ke Makkah Al-Mukarramah dan bekerja sebagai guru besar di Universitas
King Abdul Aziz, kemudian universitas Ummul Qura. Pada universitas terakhir ini
beliau diamanahi untuk menjadi kepala jurusan peradilan pada fakultas syariat,
kemudian direktur S2. selama itu Syekh Sayyid Sabiq menyampaikan kuliahnya
dalam bidang fiqih dan usul fiqih, membimbing lebih dari seratus tesis, dan
menelurkan banyak alim serta cendekiawan.
Syekh Sayyid Sabiq seorang
faqih berpengalaman. Ia teladan dalam bidang keluasan ilmu, kemuliaan akhlak,
kasih sayang, dan kehangatan dalam berinteraksi. Syekh Sayyid Sabiq sangat
menjaga lisannya, memiliki ingatan tajam dan kecerdasan yang langka. Beliau
dianugerahi kecakapan yang mencengangkan dalam berlogika. Di samping itu,
beliau selalu tampil riang dan ramah sehingga sangat dicintai dan diterima oleh
masyarakat. Lebih dari itu, beliau memiliki kesadaran tinggi perihal kejadian
dan perubahan-perubahan yang ada di masyarakat. Apabila ada suatu persoalan
baru pada masyarakat dan itu dikonsultasikan kepada beliau maka beliau akan
menjelaskan hukum dan hikmahnya secara tegas dan jelas.
Dibanding para ulama azhar yang lain, syekh Sayyid Sabiq paling berkonsentrasi di bidang fiqih. Artikel-artikelnya tentang fikih pertama kali diterbitkan di sejumlah majalah mingguan. Artikal pertamanya tentang fiqih taharah ditulis dengan metode fiqih hadits yang konsentrasi mengupas hadits-hadits ahkam. dalam tulisannya beliau merujuk pada kitab Subulus Salam karya Ash-Shan’ani, kitab Nail Al-Authar karya Asy-Syaukani, kitab Ad-Din Al-Khalis karya Muhammad As-Subuki, Al-Mughni karya Ibnu Qudamah, dan kitab Zadu Al-Ma’ad karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah.
Jilid pertama kitab fiqih
sunahnya yang monumental beliau tulis pada akhir tahun 40an, membahas seputar
fiqih taharah, dan diberi pengantar oleh Hasan Al-Banna. Fiqih sunah telah
menutup kekosongan perpustakaan Islam akan buku-buku fiqih yang langsung
merujuk pada hadits dan tidak terikat dengan mazhab tertentu. Oleh karena itu,
fiqih sunah karya sayyid sabiq diterima dan disanjung oleh kalangan luas.
Tiga tahun sebelum wafat,
Syekh Sayyid Sabiq tinggal di Kairo dan bersikukuh untuk menyebarkan ilmu dan
berdakwah di masjid-masjidnya, meskipun kondisi kesehatannya yang tidak
mendukung dan dokter yang menyarankannya untuk istirahat. Syekh Sayyid Sabiq
selalu menjadi mercusuar kebenaran dan kebaikan bagi manusia sampai ajal
menjemputnya pada hari ahad tanggal 23 Dzul Qa’dah 1420 H, bertepatan dengan 27
Februari tahun 2000 dalam usia 85 tahun.
(diterjemahkan dari www.islamstory.com
dengan sedikit perubahan)
No comments:
Post a Comment
Katakan yang baik-baik, atau lebih baik diam. Begitu pesan Rasul kita...