Tuesday 26 May 2015

Jenderal Moeldoko: Wanita TNI Boleh Berjilbab Saat Bertugas

Panglima TNI Jenderal Moeldoko secara lisan membolehkan Wanita TNI (Wan TNI) mengenakan jilbab selama bertugas. Hal itu terungkap saat acara pengarahan kepada seluruh prajurit TNI bersama istri se-Sumatera Utara di hanggar Lapangan Udara Soewondo, Medan, Sumatra Utara, Jumat (22/5),
"Pakai saja, kita nggak melarang kok. Wanita TNI mau pakai jilbab, pakai saja," ujar mantan KSAD tersebut menjawab pertanyaan salah seorang Wan TNI berpangkat kapten yang menanyakan seragam bagi yang ingin berjilbab.

Keputusan Jenderal Moeldoko ini disambut baik oleh Kelompok Pengajian Silaturahmi Muslimah Wanita TNI-Polwan, Tapi pernyataan lisan dianggap belum cukup dan harus diiringi dengan adanya keputusan resmi.

"Sudah mulai kelihatan baik, tapi rasanya harus ada putusan resmi soal ini agar tidak ada polemik di kemudian hari," kata Letkol Flora Eka Sari  kepada Republika Online, Ahad (24/5).

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerukunan Umat Beragama Slamet Effendy Yusuf juga mendorong Mabes TNI untuk segera mengeluarkan aturan terkait penggunaan jilbab bagi wanita TNI. Tokoh yang juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu, meminta agar TNI bisa meniru Polri untuk segera mengeluarkan peraturan, melaksanakan, dan merancang anggaran terkait penggunaan jilbab.

Slamet juga meminta TNI untuk segera bekerja sama dengan perancang yang mengerti rancangan jilbab yang sesuai untuk prajurit TNI baik di kantor maupun di lapangan.

Bila di Amerika Serikat saja yang notabene bukan negara berpenduduk mayoritas muslim memperbolehkan militernya memakai jilbab, maka sudah selayaknya pemakaian jilbab bagi militer di Indonesia tidak menjadi persoalan. Ya, sebagaimana diketahui, Pentagon lewat kebijakannya telah mengizinkan anggota wanita muslimah yang tergabung dengan militer AS untuk bisa menggunakan jilbab sejak 2004 silam. Sudah saatnya Indonesia juga membuat aturan baku tentang hal itu.

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

Katakan yang baik-baik, atau lebih baik diam. Begitu pesan Rasul kita...