Monday 25 May 2015

Benarkah Ada Kuburan Massal Muslim Rohingnya di Malaysia?

Polisi Diraja Malaysia menemukan 30 kuburan besar di dua lokasi di utara negara bagian Perlis yang berbatasan dengan Thailand. Sebagaimana dilansir surat kabar The Star, hampir 100 mayat ditemukan di salah satu makam pada Jumat (22/5). Sementara identifikasi dan verifikasi sisa-sisa masih berlangsung, tutur Florence Looi dari Aljazeera. 

Penemuan yang sama juga terjadi pada 1 Mei, di mana ditemukan sekitar 26 mayat dari kuburan di Provinsi Songkhla, Thailand yang berbatasan dengan negara bagian Perlis, dekat sebuah kamp yang dicurigai terkait dengan perdagangan manusia.

Surat kabar Utusan Malaysia menyebutkan bahwa polisi percaya penemuan terbaru di dua lokasi di utara negara bagian Perlis ini masih berhubungan dengan kuburan massal yang ditemukan di perbatasan Thailand. 

“Lokasi penggalian kuburan massal tersebut berada di dekat 17 kamp tahanan perdagangan manusia di Padang Besar. Kamp-kamp sudah ditinggalkan ketika prajurit sampai di sana,” ujar Menteri Dalam Negeri, Ahmad Zahid Hamidi, kepada media lokal, dilansir dari aljazeera, Ahad (24/5).

Bagian utara Malaysia memang dikenal sebagai rute penyelundup untuk membawa orang ke Asia Tenggara dengan perahu dari Myanmar. Kebanyakan dari mereka berasal dari etnis Muslim Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar lantaran penganiayaan kaum mayoritas di sana. 

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

Katakan yang baik-baik, atau lebih baik diam. Begitu pesan Rasul kita...