Thursday 25 June 2015

Kematiannya Disambut Pesta di Seluruh Eropa….

Saat kematiannya, seluruh Eropa berpesta dan merasa lega. Mereka merayakan kematian itu dengan duduk di atas kuburannya sambil meminum khamer penuh bahagia.

Salah satu dari mereka berkata, “Demi Tuhan, andai pemilik kuburan ini hidup lagi maka dia takkan membiarkan satu pun dari kita dalam kondisi bernyawa!”

Dia bukan Shalahuddin Al-Ayyubi yang terkenal itu. Tapi dia pribadi mulia yang sangat dihormati. Dia bergelar Al-Hajib Al-Manshur (Al-Manzor). Nama lengkapnya Muhammad bin Abi Amir Al-Amiri. Lahir pada 326 H di bagian selatan Andalusia.

Apakah kita pernah mendengar namanya?

Biarkan sejarah yang bercerita….

Saat panglima Al-Hajib Al-Mansur menjemput kesyahidannya, kabar kematian itu menggema di seantero Eropa. Terlebih di Perancis. Bahkan Raja Alfonso bergegas datang ke kuburannya, mendirikan tenda besar di atasnya, dan meletakkan ranjang bertatakan emas tepat di atas kuburannya, lalu tidur di atasnya bersama sang istri.

“Lihatlah, sekarang aku telah menguasai seluruh wilayah Islam dan Arab. Dan aku duduk di atas kuburan panglima terbesar mereka!” kata sang raja.

Kemudian terdengar seseorang berkata, “Demi Tuhan, andai pemilik kuburan ini hidup lagi maka dia takkan membiarkan satu pun dari kita dalam kondisi bernyawa!”

Alfonso yang mendengar ucapan itu marah, lalu menghunus pedangnya. Tapi sang istri menahannya seraya berkata,

“Dia benar. Apa yang membanggakan dengan tidur di atas kuburan musuh? Bukankah itu hanya semakin menambah keagungannya saja? Bahkan sampai mati kita tidak mampu mengalahkannya! Sejarah pasti akan menulis kemenangannya ini! Sungguh buruk apa yang kita lakukan ini. Dan alangkah nyamannya dia saat ini yang tertidur tenang di bawah singgasana para raja!”

Al-Hajib Al-Mansur. Bergabung dalam militer saat muda, dan menjadi kepala polisi di Cordova karena keberanian dan jasanya. Kemudian diangkat menjadi penasihat Gubernur Andalusia, lalu menjadi Gubernur Andalusia dan Panglima tertingggi tentara Islam di sana.

Dia telah memimpin lebih dari 50 peperangan, dan semuanya dimenangkannnya! Sekali pun belum pernah ia terkalahkan.

Perang terbesar yang pernah dipimpinnya adalah perang Leon di selatan Perancis, di mana tentara Eropa yang bersatu bersama tentara Leon mengalami kekalahan hebat. Banyak raja Eropa yang terbunuh, dan banyak juga yang ditawan, kemudian dia memerintahkan agar dikumandangkan azan di tempat itu. Dan itulah azan pertama yang dikumandangkan di bumi Perancis.

memang seperti itulah kebiasaannya. Setiap kali menang dalam peperangan, dia pasti mengumandangkan azan, lalu mengumpulkan debu-debu yang lengket di pakaian perangnya untuk kemudian dimasukkan ke dalam botol. Wasiatnya, apabila dia meninggal, agar botol itu ikut dimasukkan ke dalam kuburannya untuk menjadi saksi di sisi Allah….

Eropa sangat membenci Al-Hajib Al-Mansur. Sebab, selama 25 tahun mereka banyak kehilangan tentara dan panglima di tangannya. Selama 25 tahun mereka tidak pernah tenang dan tidak bisa beristirahat.

Al-Hajib Al-Mansur selalu berdoa supaya mati syahid di medan perang, bukan di antara bilik istana. Dan doanya terkabul. Dia syahid dalam perjalanan perang di perbatasan Perancis di dekat pegunungan Pyrenees.

Dia syahid pada umur 60 tahun, dan 25 tahun di antaranya dia habiskan untuk berjihad menaklukkan musuh-musuh Islam.

Al-Hajib Al-Mansur sudah pergi menghadap Rabb-nya, namun namanya akan tertulis abadi dengan tinta emas oleh sejarah umat manusia.

Dia syahid, sedang di kantong bajunya terdapat botol berisi sisa-sisa debu pertempuran yang dia menangkan demi kejayaan Islam.

Dia syahid, sedang tubuhnya penuh luka perang yang akan bersaksi di hadapan rabbnya, bahwa hanya satu yang dicitakan sang panglima, yaitu menghadap-Nya dengan membawa sesuatu yang dapat memasukkannya ke dalam surga.…

(sumber: diterjemahkan dari www.facebook.com/NumidiaNews)

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

Katakan yang baik-baik, atau lebih baik diam. Begitu pesan Rasul kita...